Inonvasi Sistem ERP Adhi Beton menggema di Kancah Internasional

25 Apr 2024 | Berita Korporasi

PT Adhi Persada Beton (Adhi Beton) memaparkan jurnal riset dengan judul ”Adopting Kotter’s Model on ERP Implementation Through IoT & Chatbot WA Report” pada acara 4th International Conference on Engineering, Social-Sciences and Humanities (ICESSU-2024) pada 19 – 20 April lalu. Konferensi Internasional di Manila, Filipina yang diikuti oleh 129 peserta ini diselenggarakan merupakan hybrid conference yang menggabungkan konferensi daring dan luring sehingga dapat terjangkau oleh peneliti di seluruh dunia.

Jurnal yang ditulis oleh Yudhistira Chandra Bayu selaku Manager IT dan Sistem Adhi Beton, dengan anggota tim A. Luqman Tinugroho ini dikirimkan dan direview oleh penyelenggara pada bulan Maret 2024. Penelitian ini menjelaskan mengenai sistem Enterprise resource planning (ERP) yang diterapkan di perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, namun penerapannya yang rumit dan membutuhkan waktu untuk membuat laporan secara manual. Yudhistira dan tim melakukan riset dengan mengadopsi model Kotter, 8 langkah, untuk mengimplementasikan ERP dari modul penjualan hingga modul pengiriman produk.
Adhi Beton merupakan salah satu supplier beton pracetak dan beton siap pakai (Ready Mix Concrete) di Indonesia yang mengembangkan sistem ERP dengan penggunaan teknologi IoT. Sensor-sensor yang terhubung ke sistem pelaporan mampu mengumpulkan data secara real-time dari seluruh pabrik Adhi Beton.
Dengan adanya inovasi digital ini, laporan raw material sampai dengan proses produksi dari seluruh pabrik akan tersampaikan otomatis melalui whatsapp yang terhubung ke sensor yang ada di pabrik. Pelaporan otomatis ini terkirim secara langsung dan terjadwal. “Keunggulan dari inovasi ini adalah pelaporan otomatis yang terjadwal, yang mengurangi beban pekerjaan manual dan meningkatkan efisiensi dalam pelaporan raw material. Hal ini mempercepat proses pengambilan keputusan bagi Adhi Beton.” Ujar Yudhistira.

Pelaporan cepat yang dibutuhkan manajerial Adhi Beton untuk strategi bisnis dan pengambilan keputusan menjadi latar belakang dari dikembangkannya inovasi ERP ini. Program kedepan, Adhi Beton mengembangkan inovasi dan teknologi yang mutakhir dalam setiap menuju masa depan yang lebih terang dalam industri beton pracetak dan Ready Mix. Concrete dan readymix.

08 Mar 2022
Kedepankan Keselamatan Kerja, Adhi Beton Diapresiasi WSO
15 Sep 2020
ADHI Beton Mengoperasikan Pabrik U-Shape di Pancoran
06 Mar 2021
Adhi Beton mencari desain karakter/maskot sebagai duta untuk keperluan sosialisasinya